Bangil, Dalwa Berita – Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab IAI DALWA Program Pascasarjana berhasil memperoleh akreditasi unggul setelah melalui proses validasi asesmen lapangan di Dalwa Hotel Syariah oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Rabu (22/12/2021).

Akreditasi ini sebagai tolak ukur kualitas perguruan tinggi dan pengakuan dari perguruan tinggi lain. Sehingga, proses yang dilalui guna mendapatkan kriteria unggul itu membutuhkan waktu yang lama dan dana yang banyak.

“Kita menyusun seperti itu butuh tahunan dan tentunya butuh ratusan juta hanya berkorban demi itu. Ini aset Dalwa yang sangat berharga,” ungkap Ustadz Yusuf Arisandi, M.Pd.

Beliau juga mengatakan bahwa kriteria unggul berbeda dengan kriteria lainnya. Jika nilai 7 mendapat kriteria A, maka puncak nilai tertinggi, yaitu 9 memperoleh kriteria unggul.

“Universitas Islam negeri sekalipun yang sama-sama jurusan prodi MPBA nilainya masih di bawah kita. Ini masih sekelas swasta. Universitas yang dulunya A belum tentu bisa unggul,” lanjutnya.

Mahasiswa pascasarjana nantinya akan dituntut lulus tepat waktu selama dua tahun. Mahasiswa harus melaksanakan ujian proposal pada semester 3, kemudian pada semester 4 dituntut siap dengan tesisnya, sebagaimana yang dikatakan oleh Ustadz Wahyudin selaku Staff Akademik Prodi PBA Pascasarjana.

“Akreditasi unggul itu beban, sehingga mahasiswa nantinya akan dituntut untuk lulus tepat waktu. Semester 3 harus ujian proposal kemudian semester 4 sudah menyiapkan tesis sehingga nanti lulus tepat 2 tahun,” tuturnya.Asrofi/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *